AFTN Social

Media Polmas Poldasu

Transparan, anti kkn dan anti kekerasan

Kompolnas Masih Rahasiakan Jumlah Jenderal Calon Kapolri

2 min read

Jakarta (Media Polmas) – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) segera menyerahkan usulan nama pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis, yang akan pensiun pada Januari 2021.

Juru bicara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarty mengatakan, pihaknya segera menyerahkan nama calon Kapolri ke Presiden Jokowi.

“Kapolri Jendral Idham Azis akan pensiun 1 Februari 2021, sehingga dalam waktu dekat kami akan memberikan pertimbangan kepada presiden,” kata Poengky, Minggu (29/11/2020).

Kendati demikian, Poengky tidak memberi tahu pasti kapan penyerahan rekomendasi usulan nama untuk mengisi kursi Korps Bhayangkara tersebut.

“Dalam waktu dekat lah,” ujarnya yang belum mau membeberkan kapan rencana tersebut dilakukan.

Poengky juga masih merahasiakan berapa nama yang akan diusulkan kepada Presiden. Ia meminta kepada semua pihak untuk bersabar, sebab Kapolri Jenderal Idham Azis masih terhitung lebih dari satu bulan untuk menjabat.

“Terkait berapa nama, mohon bersabar ya,” tandasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Pasal 28 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri disebutkan bahwa Kompolnas menjadi menjadi salah satu institusi yang memiliki kewenangan untuk memberi usul dan pertimbangan-pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan atau pemberhentian kapolri.

Sebelumnya Poengky mengungkapkan, dalam memberikan usulan itu pihaknya akan merujuk pada Pasal 11 ayat (6) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

Di mana lanjut dia, dalam pasal tersebut dikatakan bahwa calon kapolri adalah pati Polri yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan dan karier.

“Yang dimaksud dengan jenjang kepangkatan ialah prinsip senioritas dalam arti penyandang pangkat tertinggi di bawah Kapolri,” jelasnya.

Adapun yang dimaksud dengan jenjang karier ialah pengalaman penugasan dari perwira tinggi calon Kapolri pada berbagai bidang profesi Kepolisian atau berbagai macam jabatan di Kepolisian.

“Kompolnas akan melihat data track record, integritas dan prestasi calon-calon Kapolri, serta akan memberikan pertimbangan kepada Presiden untuk calon-calon yang track record, integritas dan prestasinya terbaik,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh Bantuan?
Apa Yang Bisa Kami Bantu?