AFTN Social

Media Polmas Poldasu

Transparan, anti kkn dan anti kekerasan

Polda Sumut Trauma Healing Anak-anak Pengungsi Korban Banjir

2 min read
Trauma Healing

Tim Trauma Healing Polda Sumatera Utara bermain bersama anak-anak korban banjir Tanjung Selamat Medan.

Medan (Media Polmas) – Tim Trauma Healing Polda Sumatera Utara yang dihadiri Karo SDM Polda Sumut diwakili Kabag Psikologi Polda Sumut Akbp Andi Hendrawan, S.Psi, beserta Kompol Driya Sukmanika, AKP Zulhafni, AKP Raswan Effendi, S.psi, AKP Sulistyo, S.Pd bersama Tim Trauma Healing Biro Psikologi SSDM Polri Kombes Pol Handoko, Sik Bersama tim melakukan kegiatan Trauma Healing korban bencana alam banjir khususnya anak-anak di Kel. Tanjung Anom Kec. Sunggal Medan, Kamis (10/12/2020).

Adapun bentuk dari kegiatan yang dilakukan adalah memberikan motivasi atau penguatan secara psikologis yang berguna untuk penyembuhan pasca trauma kepada korban agar dapat membangkitkan semangat serta kiranya musibah ini dapat dijadikan pembelajaran untuk kita semua agar lebih ikhlas, mawas diri dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menerima bahwa semua musibah dan cobaan ini datangnya dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Metode pendekatan yang diberikan kepada korban anak-anak dengan cara memberikan pelatihan (games) guna meningkatkan konsentrasi dan pemulihan pasca trauma yang dialami berupa menyanyi, menari, bermain tebak2an, serta pemberian paket snack jajanan. Sedangkan metode pendekatan kepada korban dewasa adalah wawancara serta pemberian konseling guna meningkatkan motivasi.

Hal ini rutin dilakukan oleh Tim Trauma Healing Polri terhadap para korban bencana alam yang terjadi di dalam negeri. Tim Trauma Healing menmberikan penguatan secara psikologis baik kepada masyarakat korban bencana alam dan kepada personil relawan yang ikut membantu menangani korban bencana alam. Pemberian Trauma Healing dilakukan guna memberikan penguatan psikologis kepada korban agar korban yang terdampak bencana alam dapat bangkit kembali serta memiliki semangat yang tinggi dalam menghadapi musibah.

Tim Trauma Healing Biro Psikologi SSDM Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Handoko, Sik bersama 7 pers dan Tim Trauma Healing Bag Psikologi Biro SDM polda Sumut yang dipimpin oleh Kabag Psi RoSDM bersama 7 personil. Dalam kesempatan ini Tim Trauma Healing juga menyerahkan tali asih bingkisan berupa selimut 150 bh, pakaian dalam pria wanita 18 lusin, pakaian dalam anak p/w 18 lusin, minyak kayu putih 60 ml 9 lusin, pampers 40 bks, dan paket snack jajanan untuk anak-anak.

“Kita berharap dengan adanya Tim Trauma Healing ini dapat memberikan semangat kepada para korban dalam mengahadapi musibah serta melanjutkan aktivitas selanjutnya tanpa mengalami trauma berlebihan akibat peristiwa bencana yang mereka alami. Menunjukkan kepada para korban bencana bahwa sebagai sesama anggota masyarakat masih peduli dan saling membantu yang mengalami musibah,” harapnya. (KP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh Bantuan?
Apa Yang Bisa Kami Bantu?