AFTN Social

Media Polmas Poldasu

Transparan, anti kkn dan anti kekerasan

Poldasu Turunkan 7.700 Personil Amankan Nataru

3 min read
Beri Keterangan

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin memberikan keterangan usai apel gelar pasukan Ops Lilin Toba 2020, Senin (21/12/2020) pagi.

Medan (Media Polmas) – Sejumlah 7.700 personil Polda Sumatera Utara dan jajaran disiagakan untuk pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) 2021. kepolisian Polda Sumut juga di back up personel jajaran Kodam I/BB sejumlah 2 ribu orang.

Demikian dijelaskan, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, usai apel gelar pasukan Ops Lilin Toba 2020 di Mapolda Sumut, Senin (21/12/2020) pagi.

“Untuk seluruh jajaran itu ada 7.700 personil dibantu dari Kodam I/BB 2 ribu. Seluruh satuan Kodim, Koramil juga dilibatkan,” ucap kapolda Sumut Irjen Pol Martuani.

Martuani mengatakan pada masa pandemi Covid -19, pihaknya mengimbau tidak ada keramaian pada perayaan malam tahun baru. Hal ini dilakukan untuk antisipasi penyebaran Covid -19.

“Demikian juga dengan tahun baru kita himbau tidak ada keramaian. Seluruh jajaran tidak ada yang mengelaurkan izin keramaian. Ini untuk antisipasi persebaran corona virus. Kini, Sumut sudah semakin bagus,” jelas Kapolda.

Begitu juga untuk pelaksanaan Natal, Martuani yang juga wakil ketua tim gugus tugas Covid -19 untuk dilaksanakan secara virtual atau daring. Pihaknya tidak ingin kerumunan yang ada bisa menimbulkan kluster baru Covid -19.

“Kami sudah mengundang pimpinan – pimpinan gereja di Sumut. Himbauan kami, saya selaku wakil ketua tim gugus tugas Covid -19 adalah natal dilaksanakan dengan virtual atau daring. Kita tidak ingin cluster baru. Kita himbau sesuai himbauan PGI bahwa natal dilaksankan dengan virtual atau daring,” ucap Martuani.

Selama operasi Lilin toba 2020, Martuani juga menyampaikan berbagai ancaman yang bisa mengganggu kamtibmas juga menjadi perhatian pemerintah. Seperti ancaman terorisme, radikalisme, kejahatan lalu lintas hingga bencana alam.

“Apa yang menjadi ancaman kita adalah jalan longsor dan banjir. Mungkin besok kita cek Danau Toba untuk mengecek kesiapan kapal, alat –alat keselamatan yang ada di kapal,” beber Kapolda.

Sementara itu Gubsu Edy Rahmayadi usai memimpin apel gelar pasukan, kegiatan ini dalam rangka mensolidkan jajaran personel TNI/Polri yang bertugas selama Nataru. Ini juga sebagai kesiapan pengamanan di Sumut saat Nataru.

“Operasi Lilin Toba ini adalah tanda kesiapan Sumut dalam rangka memfasilitasi masyrakat Sumut yang akan merayakan natal dan tahun baru 2021. Ada kerja sama kolaborasi, sinergitas dari seluruh personel yang pastinya dipimpin oleh kepolisian dan diperkuat oleh TNI dan aparat – aparat yang terkait lainnya,” kata Gubsu.

Bahkan sesuai dengan amanat kapolri, bahwa masyarakat akan dilakukan tindakan tegas jika tidak menerapkan Protokol Kesehatan. Namun, tindakan tegas tetap mengutamakan secara humanis. “Perintah dari Kapolri tindakan tetap tegas tapi humanis, lakukan yang terbaik untuk rakyat kita. Apabila ini ada potensi yang mengganggu khususnya tentang covid -19, nanti kami akan rapat lagi lakukan penyekatan – penyekatan bila perlu. Bila perlu, bila tidak perlu, ya tidak udah dilakukan,” tegas Gubsu.

Dalam kesempatan ini Gubsu turut membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Kapolri menyampaikan Di masa pendemi ini harus saling peduli jangan sampai pelaksanaan natal dan tahun baru malah menimbulkan cluster baru penyebaran covid -19. Beberapa penekanan Kapolri saat pelaksaan Ops Lilin 2020 yaitu Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, kemudian Lakukan deteksi dini sebagai antisipasi mencegah aksi meresahkan masyarakat, Meningkatkan kepekaan dan kewaspdaan serta kesiap siagaan antisipasi aksi teror serta kriminalitas yg memanfaatka moment natal dan tahun baru.

Kapolri juga mengatakan laksanakan pengaman secara profesional dan humanis dan Persiapkan perlatan yg memadai serta tetap saling body sistem dengan rekan kerja selama pelaksanaan pengamanan. Berikan pelayanan yg humanis namun tegas dalam penegakan hukum, Libatkan instansi lain dalam pelaksaan ops lilin agar pelaksanan berhasil sesui jadwal yang ditentukan.

Di akhir amanatnya Kapolri mengatakan tetaplah jadi tauladan bagi keluarga dan rekan kerja jangan lupa terus menerapkan dan menghimbau masyakarat agar mematuhi protokol kesehatan. (KP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh Bantuan?
Apa Yang Bisa Kami Bantu?