AFTN Social

Media Polmas Poldasu

Transparan, anti kkn dan anti kekerasan

Pertamina Dukung Pencegahan dan Penanggulangan Peredaran Narkoba

3 min read

Dumai (Media Polmas) – Pertamina mendukung pencegahan dan penanggulangan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba). Perusahaan BUMN tersebut juga mengapresiasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam penangkapan narkoba berupa 20 kg sabu dan 10 ribu pil ekstasi di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumut sebagaimana diberitakan di media pada tanggal 3 Desember 2020.

Hal tersebut dikemukakan oleh Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai, Brasto Galih Nugroho dalam siaran pers pada Selasa (15/12/2020).

Brasto mengatakan bahwa pada berita dimaksud disebut nama Syafrionaldi sebagai pegawai Pertamina Refinery Unit II Dumai.

“Syafrionaldi yang diberitakan di media pada tanggal 3 Desember 2020 bukan pekerja ataupun tenaga kerja jasa penunjang (TKJP) Pertamina RU II Dumai,” ungkapnya.

Brasto menjelaskan bahwa Syafrionaldi merupakan pekerja dari perusahaan lain atau kontraktor yang melakukan pekerjaan perbaikan kilang Pertamina RU II Dumai.

“Kami telah melakukan pengecekan sistem sumberdaya manusia dan menemukan nama Syafrionaldi bukan sebagai pekerja ataupun TKJP kami melainkan sebagai pekerja kontraktor dalam pekerjaan non rutin tersebut,” imbuhnya.

Disebutkannya bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari wartawan terkait adanya barang bukti berupa kartu safety induction (kartu pengenalan keselamatan kerja) Pertamina RU II Dumai atas nama yang bersangkutan. Kartu safety induction tersebut merupakan kartu tanda tanda bahwa yang bersangkutan telah mengikuti sesi pengenalan keselamatan kerja di Pertamina RU II Dumai sehingga dapat masuk ke area kilang untuk melakukan perbaikan.

“Sesi pengenalan keselamatan kerja merupakan hal yang wajib diikuti oleh pekerja kontraktor agar dapat bekerja aman ketika bekerja di area kilang,” imbuhnya.

Brasto menyatakan bahwa pekerjaan perbaikan kilang yang disebutkannya sudah selesai dilakukan saat rilis ini dikeluarkan.

“Perlu kami tekankan bahwa pada prinsipnya kami mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran narkoba dan mengapresiasi penangkapan narkoba oleh BNN tersebut,” ujarnya.

Peduli Anti Narkoba di Internal dan Masyarakat

Brasto menuturkan bahwa Pertamina RU II Dumai merupakan perusahaan yang peduli terhadap pencegahan dan penanggulangan peredaran narkoba baik di internal Pertamina maupun masyarakat.

“Kami memiliki program pencegahan narkoba di lingkungan internal kami, seperti sosialisasi anti narkoba,” ucapnya.

Brasto menyebutkan bahwa sosialisasi terakhir yang dilakukan pihaknya di Pertamina RU II Dumai adalah webinar atau talkshow online mengupas terkait HIV/AIDS, narkoba, alkohol dan rokok yang dilakukan pada 30 November 2020 dengan narasumber dari BNN Kota Dumai dan psikolog klinis.

“Untuk masyarakat, kami memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan yang kita namai sebagai Kampung Dalam Ramah Anak di Kelurahan Laksamana, Kota Dumai, Provinsi Riau yang kami laksanakan di tahun 2019 dan 2020,” katanya.

Brasto menjelaskan bahwa program tersebut menggunakan nama tersebut karena Pertamina membangun taman bermain anak yang ramah di Kelurahan Laksamana yang dulunya terkenal dengan sebagai kampung narkoba di Dumai.

“Selain dengan membangun taman bermain anak, kami juga membantu perpustakaan dan melakukan pemberdayaan masyarakat disana dalam bentuk pengembangan usaha sablon, keripik dan kue sehingga dapat menggeliatkan aktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat disana,” ujarnya.

Brasto menuturkan bahwa program tersebut juga selaras dengan program Kampung Bersih dari Narkoba (Bersinar) dan Kampung Keluarga Berencana (KB) Keberkahan Bersama yang merupakan program unggulan BNN Kota Dumai, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Laksamana tersebut.

“Program-program tersebut merupakan upaya kami untuk mencegah peredaran narkoba di internal kami dan masyarakat,” tutupnya. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Butuh Bantuan?
Apa Yang Bisa Kami Bantu?